images

BAPPEDA Gelar Rapat Pembahasan Pertumbuhan Ekonomi Paser

Tana Paser – Dalam rangka diskusi pembahasan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Paser yang telah berjalan sejak Tahun 2012 – 2016, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menggelar rapat yang bertempat di Aula Penodo Kab Paser, Selasa (21/11).

Rapat Pembahasan pertumbuhan ekonomi digelar karena khususnya Daerah Kabupaten Paser mengalami pertumbuhan ekonomi yang dalam kondisi negatif atau bisa dikatakan menurun kata Kepala BAPPEDA I Gusti Putu Suantara.

Pembahasan Pertumbuhan ekonomi ini sebagai tindak lanjut pengarahan Presiden RI ketika Rapat Nasional terkait pertumbuhan Ekonomi sehingga menjadi perhatian oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi.

“Ketika Rapat Nasional digelar Kab Paser Paser sendiri termasuk dalam pertumbuhan ekonomi yang negatif, jadi rapat ini digelar dimana agar kedepannya dapat menghasilkan solusi dalam mendongrak atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Paser, ini tentunya sesuai dengan perintah Bupati Paser,”jelasnya.

Rapat yang digelar menghadirkan narasumber dari pihak Badan Pusat Statistik (BPS) yakni Kepala BPS Bahramsyah, turut dihadiri Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah, Sekretaris Daerah AS Fathur Rahman, serta pimpinan dilingkungan Pemerintah Kab Paser, pelaku usaha di bidang tambang , perkebunan dan perwakilan Bank di lingkungan Kab Paser.

Bahramsyah mengatakan Daerah Kabupaten Paser sangat tergantung terhadap sektor tambang dimana sektor tambang penyumbang terbesar dalam perekonomian di Daerah Kab Paser

“Daerah Kabupaten paser sendiri saat ini didominasi oleh sektor tambang dengan kontribusi sebesar 71,31 persen, tentunya ketika produksi batubara menurun mengakibatkan menurunnya secara drastis pertumbuhan ekonomi di paser,”kata Bahramsyah

“Selama lima tahun terakhir sejak Tahun 2012-2016 ketika perekonomian paser tanpa batubara tetap dapat tumbuh secara baik, jadi dengan demikian batubara menyumbang perumbuhan minus yang mana tidak bisa dikendalikan Pemerintah,”

“Untuk sektor pertanian dan industri pengolahan menjadi sektor pilihan yang layak dan harus terus ditingkatkan,”Jelasnya.

Wakil Bupati Paser berharap dengan digelar rapat pembahasan pertumbuhan ekonomi dapat memberikan solusi yang baik dan upaya-upaya kedepan bagaimana pemerintah Kab Paser dalam meningkatkan ekonomi di seluruh sektor tentunya tidak tergantung pada sektor tambang.(fan)


TAG

Tinggalkan Komentar